25
Jan
10

BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR DI RUMAH

Lobster air tawar tergolong jenis udang yang mudah untuk dibudidayakan, bukan hanya di lahan yang luas tetapi bisa dikembangkan di lahan yang sempit dan terbatas. Dengan sedikit modal dan kemauan yang kuat, setiap orang sudah bisa membudidayakan lobster air tawar.
Walaupun pembudidaya lobster air tawar sudah mulai menjamur, namun peluang usaha baru masih terbuka lebar karena sampai saat ini produksi lobster belum bisa memasok seluruh permintaan. Lobster air tawar lebih gampang dibudidayakan dan tidak mudah terserang penyakit. Tidak seperti udang windu dan yang lainnya yang membutuhkan lahan luas dalam pembudidayaannya, serta rentan dengan penyakit. Pertumbuhan lobster air tawar pun relatif cepat dan mampu menghasilkan telur dalam jumlah yang banyak. Satu ekor betina mampu menghasilkan sekitar 200 butir telur setiap satu kali kawin. Dalam setahun induk betina bisa kawin sampai 5 kali.

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan dalam pemeliharaan lobster ini, diantaranya seleksi induk, pemeliharaan induk, pemijahan dan pengeraman telur hingga penetasan serta perawatan larva sampai ukuran konsumsi.

SELEKSI INDUK

Awal dari seleksi induk ini, harus bisa membedakan jenis kelamin induk jantan dan betina, misalnya :

Untuk induk jantan terdapat tonjolan pada pasangan kaki jalan kelima dihitung dari capitnya dan biasanya sisi capit ditandai dengan warna merah.

Untuk induk betina terdapat bulatan pada pangkal kaki yang ketiga.

Selain itu yang perlu kita perhatikan dalam seleksi induk adalah :

  1. Induk minimal berumur 7 bulan
  2. Bobot induk jantan diatas 30 gram
  3. Bobot induk betina 20 gram – 30 gram
  4. Kondisi sehat

Selain seleksi induk, hal-hal penting lain dalam  budidaya lobster antara lain:

1. PEMBERIAN PAKAN

Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Untuk pagi cukup 30% dan sore 70%, hal ini karena lobster termasuk hewan nocturnal (aktif pada malam hari). Pakan yang diberikan berupa butiran pelet (yang dapat tenggelam dalam air) dan  makanan alami berupa kacang-kacangan, umbi-umbian dan sayuran lainnya yang sebaiknya dimasak terlebih dahulu untuk memudahkan lobster mencernanya.

Jumlah pakan yang diberikan disesuaikan dengan jumlah lobster yang ada. Usahakan tidak  menyisahkan makanan dalam aquarium secara berlebihan, karena akan mempengaruhi kualitas air dan kadar oksigen.

2. KETERSEDIAAN OKSIGEN

Oksigen yang terlarut dalam air merupakan faktor terpenting dalam memelihara semua jenis hewan air, termasuk lobster. Oksigen terlarut dapat diperoleh dari aerator, atau alat-alat aquarium lain yang banyak dijual di toko perlengkapan ikan.

3. KUALITAS AIR

Dalam berbudidaya lobster, kualitas air harus senantiasa terjaga. Hal ini untuk menjaga lobster dari berbagai penyakit dan menjaga nafsu makannya.

4. TEMPAT PERSEMBUNYIAN

Lobster merupakan hewan yang membutuhkan tempat untuk bersembunyi, terutama ketika siang hari dan proses molting (pergantian kulit/cangkang).

Tempat persembunyian bisa dibuat dari rooster atau paralaon/PVC dengan ukuran yang disesuaikan dengan tubuh lobster.

5. MOULTING

Proses moulting (pergantian kulit/cangkang) terjadi karena pertumbuhan badan lobster. Pada saat proses moulting lobster mengeluarkan aroma yang amis sehingga mengundang lobster lain untuk memangsanya. Oleh karena itu untuk meminimalisir terjadinya kanibal  perlu diperhatikan kepadatan populasi dan shelter (tempat persembunyian).

6. PEMIJAHAN

Dalam usia sekitar 7 bulan, lobster mulai mencari pasangannya untuk melakukan pemijahan. Oleh karena itu idealnya dalam satu tempat terdapat 3 lobster jantan dan 5 lobster betina.

7. PENGERAMAN

Setelah terjadi proses perkawinan, maka lobster akan meletakkan telur-telur di sirip renangnya dan menutup/melindunginya dengan ekornya. Biasanya proses pengeraman terjadi satu hingga satu setengah bulan.

 

HARGA LOBSTER AIR TAWAR RED CLAW ( 1 April 2013)

BIBIT 2 inch (5 cm)

Partai = 2.500/ekor (minimal 10 ekor)

eceran= 4.000/ekor

INDUKAN  5 inch (12-13 cm)

Rp. 60.000/pasang

Rp. 240.000/set (3 jantan 5 betina)- gratis pakan 500 gram.

 

Modal yang dibutuhknan bagi pemula yang ingin budidaya lobster

1. Aquarium 2 buah ukuran 100x40x30 (pxlxt)   @150.000  Rp. 300.000

2. Filter+selang+box+kapas   Rp.    40.000

3. Aerator 2 lubang+selang+air stone  Rp.     30.000

4. Paralon 1 meter (dipotong menjadi 10 bagian)   Rp.    10.000

5. Lobster 1 set ukuran 5 inch  Rp.  240.000

Total  Rp. 620.000

Ket: aquarium 2 buah, yang satu dipakai untuk pemijahan dan yang satu dipakai untuk induk yang sedang mengeram hingga telurnya menetas.

Kami menyediakan aquarium dan perlengkapan dengan harga yang sudah ditentukan di atas.

Bagi yang berminat silahkan menghubungi kami di nomor 081515175636 atau datang langsung ke show room (jl. karang rejo timur gg 1 no.2  wonokromo-sby)

Info lebih lanjut tentang produk-produk kami dan tata cara pembelian silahkan kunjungi http://www.roispetshop.com

Tinggalkan komentar, dengan menyertakan identitas (NAMA & ASAL), insya Allah dalam kurun waktu 1-2 hari akan kami respon.

Terima kasih.

About these ads

281 Responses to “BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR DI RUMAH”


  1. 1 azizi
    12 Agustus 2010 pukul 2:40 pm

    ajarin saya dong untuk budidaya dirumah

  2. 13 kie
    19 Agustus 2010 pukul 2:57 pm

    makasih infonya
    sngat bermanfaat

  3. 24 Oktober 2010 pukul 9:59 pm

    nice info.,.,thnks mas
    aku udah mulai niech.,.di belakang rumah dah bikin kolam.,.tinggal beli lobsternya
    ngomong2 kadar airnya gmna ya mas kriterianya.,.???

    • 27 Oktober 2010 pukul 7:09 am

      kadar air berPh netral (Ph 7), meski toleran di air berPh 6,7-7,8. yang penting hindarkan air yang mengandung klorin tinggi atau yang berkaporit (air PDAM), jika terpaksa menggunakan air PDAM, endapkan semalam.

  4. 24 Oktober 2010 pukul 10:00 pm

    add FB ku mas Di Irvan Boxer

  5. 23 abdul aziz
    11 November 2010 pukul 9:48 am

    klo misalnya sudah terlanjur pake air PDAM yg belum diendapkan itu gimana ?

    sebaiknya memberi makan lobster itu sehari berapa kali ?

    klo induknya sudah bertelur dipisahkan sendiri yaa ?

    lalu klo misalnya telurnya sedah menetas sebaiknya harus dipisahkan dari induknya / tidak usah ?

    • 11 November 2010 pukul 1:12 pm

      sebenarnya c gk papa, klo lobsternya udah berukuran agak besar, krn udah gk terlalu sensitif dg kaporit.
      idealnya memberi makan itu dua kali, pagi (25 %) dan sore(75%), tapi klo aku t’kasih makan satu kali, sore aja, dalam jumlah 100% skaligus.

      • 25 abdul aziz
        16 November 2010 pukul 1:48 pm

        oh gitu, oiya 2 pertanyaan yg terakhir belum di jawab, tolong jawab yaa ?

        saya kan punya 2 lobster betina yg sedang bertelur yaa yang 1 telurnya kecoklatan gitu deh, yang satunya lagi warnanya udah ke orange-orangean, nah terus kira” yg menetas duluan itu yang mana yaa ?

        oiya mas, jika saya ingin beli bibit lobster yang 5 cm itu alamatnya dimana yaa ? di daerah mananya ?

  6. 26 abdul aziz
    16 November 2010 pukul 1:42 pm

    2 pertanyaan terakhir tadi belum dijawab, tolong jawab dong ?

    saya kan punya 2 lobster betina yaa yg lagi bertelur yang satu telurnya agak kecoklatan yg satunya lagi udah agak ke oren-orenan, nah kira” yg duluan menetas itu yg mana ?

    • 16 November 2010 pukul 5:38 pm

      idealnya waktu penetasan telur itu skitar 4-6 minggu, tergantung suhu air dimana lobster itu mengeram.
      awal pertama telur itu berwarna kuning keputihan, lalu. Pada minggu pertama s/d minggu kedua telur akan berwarna orange. Pada minggu ketiga warna telur akan berubah menjadi lebih muda & terlihat agak transparan dibagian tertentu. Disekitar telur muncul 2 titik hitam yang merupakan bakal mata juventil. Pada minggu keempat s/d enam juventil muda terbentuk, namun masih sangat lemah sehingga butuh waktu 2-3hari untuk melakukan perontokkan. setelah anda perhatikan juventil sering bermain diluar perut induk, anda boleh utk merontokannya.

  7. 27 November 2010 pukul 9:30 pm

    salam capit….
    klo bli indukan lobster di pasar bgs gk sih!!!!
    tp indukan yg dr pasar ud bertelur..
    menurut pndpt anda gmn!!
    saya lg budidaya lobster air tawar..
    mohon bntuan ny..
    trima ksh.
    balas…..

    • 28 November 2010 pukul 4:02 pm

      menrutq lbih baik bli lngsung dari pternak, memang agk mahal, tp kualitas lbh trjamin, dan bebas dari pnyakit.
      tp klo skedar uji coba bgmna budidya lobster, y gk pa2.
      memang LAT bisa bertelur di usia dini (ukuran 6-7 cm), tp utk idealnya, LAT mulai dipijahkan umur 7 bln keatas, krn bisa berpengaruh pd prtmbuhan LAT itu sndiri.

  8. 30 hayrul
    3 Desember 2010 pukul 1:01 pm

    Betul itu..klu beli di pasaran sering banyak penyakitnya yang terpenting bili di peternak..saya sih dah berhasil berternak..tinggal penjualan nya saja yang masih susah…salam Capit Biru…

  9. 12 Januari 2011 pukul 11:15 pm

    mas saya tertarik lobster hias, bagaimana cara saya beli ke anda sedang saya di Banjarmasin?
    Dan berapa harga lobster hias perekor dan perukuran, seset jantan dan betina?

  10. 32 ziqi
    1 Februari 2011 pukul 1:22 pm

    mas kalau d tebar d tambak gmn

    • 1 Februari 2011 pukul 10:03 pm

      bisa saja, banyak cara dlm pmbesaran lobster, ada yang d kolam semen, kolam terpal, dan kolam tanah sprti tambak, asal airnya tawar dan tidak mengandung garam. tentunya masing2 memiliki kelebihan dan kekurangan.

  11. 34 ziqi
    1 Februari 2011 pukul 1:27 pm

    butuh waktu brp lama lobster siap kawin………..
    ap mas juga nrima lobster biz panen………..

    • 1 Februari 2011 pukul 10:10 pm

      idealnya usia 7 bulan, terkadang sblm usia tsb lobster sdh mulai memijah bila dicampur antara jantan dan betina dalam satu tempat, tetapi agar lobster menghasilkan keturunan yang baik usahakan lobster mulai memijah di atas 7 bulan.

  12. 36 hendra
    8 April 2011 pukul 5:01 pm

    Gini mas, yg mo saya tanyakan klo utk budidaya lobster drmhan brp kolam yg efektif utk budidaya ny, mana yg lbh bagus antara memelihara pake kolam terpal ato aquarium kaca & brp ukuran kolam yg bagus itu??
    sblm & ssudah ny saya ucapkan trima kasih,,,

    • 10 April 2011 pukul 8:30 pm

      salam kenal mas hendra..
      kalau untuk pemula cukup satu kolam saja untuk tempat pemijahan. idealnya satu kolam dimasukkan satu set lobster yang terdiri dari tiga jantan dan lima betina, tp ini tidak mutlak, karena ada juga yg melakukan pemijahan secara masal dengan jumlah lobster yang lebih dari itu.
      kalau untuk kolam lebih baik menggunakan kolam semen karena suhunya bisa terjaga, shg lobster bisa secara cepat melakukan pemijahan. tetapi kalau mau menggunakan kolam terpal atau aquarium juga tidak terlalu masalah. yang penting dalam budidaya adalah ketelatenan dan ketekunan.

      terima kasih

      • 38 hendra
        12 April 2011 pukul 5:34 pm

        Trima kasih atas blsn jwban sblm ny ya mas rozak,,
        gini yg saya mo tanyakan lg, drmh saya kn ada kolam ukuran P= 4M L=2M T=1,25M yg sdh saya isi dgn ikan koi. yg saya mo tanyakan adalah bgaimana seandainya kolam itu saya sekat/pisah mjadi 2 bagian. yg ptama utk koi dan yg kdua utk udang lobster. apakah bpengaruh utk budidaya lobster jk disekat sperti itu??

      • 17 April 2011 pukul 9:50 pm

        tidak masalah, krn yg terpenting dlm budidaya lobster adalah kandungan oksigen terlarut dalam air. selama oksigen masih terpenuhi maka lobster akan tetap tumbuh dengan normal. tp yg mungkin perlu diperhatikan adalah tingkat kepadatan, krn jika terlalu padat, maka secara otomatis pasokan oksigen di bawah normal. selain itu kotoran dari ikan jg harus sering dbersihkan, krn bisa menjadi gas beracun bg lobster.

  13. 40 abi fadhil
    1 Agustus 2011 pukul 3:19 pm

    KALO PERLU LOBSTER HIAS DI BANJARMASIN SILAHKAN HUB. 08126936845

  14. 42 handika harianto
    19 Agustus 2011 pukul 6:29 pm

    mas bagaimana cara melihat lobster jantan atau betina nya?

  15. 44 cakon
    20 Agustus 2011 pukul 6:22 pm

    Mas saya mau tanya kalauj daerah KALBAR bisa gak mas…???
    dapetin bibit nya bagaimana….apa bisa di kirim dari Surabaya…

  16. 46 angga
    21 September 2011 pukul 8:39 am

    mas saya mau tanya, kalo untuk dijual biasanya kalo sudah brp besar ukurannya/ usia brp bulan???
    dan biasanya dijual kmna saja?/?? trims..

  17. 48 Indra surya
    21 September 2011 pukul 3:12 pm

    mau tanya.. kalo untuk 1 set 3 jantan 5 betina.. butuh berapa akuarium ya? apa bagus juga di akuarium untuk di budidayakan?

  18. 50 wawan
    21 September 2011 pukul 10:24 pm

    kira2 butuh berapa lama mas untuk panen? makasih.

  19. 3 Oktober 2011 pukul 9:17 pm

    bisa minta alamatnya mas,saya tinggal di sidoarjao dan pingin beli benih lobster,,

  20. 21 November 2011 pukul 7:35 am

    salam kenal mas, saya bayu yg beberapa hari lalu yg udah beli lobster biru sama merah yg saya bawa k bojonegoro, sampe sekarang lobster nya masih sehat….untuk perkembangan ke depan bila ada permasalahan mohon informasinya mas.

  21. 56 Iksan budiono
    23 November 2011 pukul 12:15 pm

    Apa bisa kirin ke jember sekalian buku cara memeliharanya untuk di rumah

  22. 58 aziz
    24 November 2011 pukul 7:12 pm

    mas klau kita kerja sama gmn mas soal penjualan lobster dalam partai banyak mas…?

  23. 60 aziz
    24 November 2011 pukul 7:16 pm

    mas rozak rumahnya mana tho…?

  24. 62 Ferinka Ayuniasari
    29 November 2011 pukul 4:37 pm

    Modal awalnya berapa?

    • 30 November 2011 pukul 9:53 pm

      satu set indukan (5 betina 3 jantan) Rp. 200.000
      1 buah aquarium (bekas) 100 cm X 50 cm Rp. 70.000
      1 buah pompa air atau aerator Rp. 30.000

      semua sekitar 300 rb tp blm termasuk pakan (satu kantong berat 2 ons) Rp.5000
      dengan biaya cukup terjangkau anda bisa memulai bisnis lobster air tawar di rumah. silahkan mencoba

  25. 8 Desember 2011 pukul 3:45 pm

    klo pemesanan di padang gmn mas??? ongkir brpa??

  26. 12 Desember 2011 pukul 2:47 pm

    Nyimak gan…mantap juga budidaya LAT….Moga2 Lancar Gan…salam Succes

  27. 22 Desember 2011 pukul 1:13 pm

    terima kasih mas atz info’y____________

    smoga brmnfaat bgii pmbudidayaan lobster sya__

  28. 70 budi
    5 Januari 2012 pukul 10:48 am

    saya pny lobster 5 di taruh d bak dan tdk d ksh oksigen kira2 hidup g? udh sebulan yg lalu blinya tp tetap hidup …. ada efek nya g mas

    tolong d jawab

    thx

  29. 72 dana
    11 Januari 2012 pukul 1:09 pm

    apa bisa lobster menggunakan kolam terpal soalnya saya masih pemula mohon bantuannta

  30. 74 Andri_8370
    11 Januari 2012 pukul 3:21 pm

    mas..
    mau nanya..
    saya dari balikpapan..
    kalau beli bibit lobster lalu di kirim ke balikpapan bisa atau tidak? kalau bisa biayanya berapa?

    Terima kasih

  31. 76 angga
    12 Januari 2012 pukul 3:14 pm

    MAS KALO MO CARI INDUKAN SAMA MAS ROSAK ADA GA????

    SAYA MO COBA NI!!! :)

  32. 79 Amrullah
    17 Januari 2012 pukul 11:53 am

    Kalau indukan misalkan diantar ke probolinggo bisa g mas?

  33. 81 joko sukmono
    6 Februari 2012 pukul 1:15 pm

    Dimana bisa didapat bibitnya dan bgmna caranya?
    terima kasih atas infonya

  34. 83 nurdiansyah
    9 Februari 2012 pukul 6:43 am

    mas, mau tanya klu benih lobster yg baru menetas agar tidak bnyk yg mati gimana ya? Saya dh coba tapi bnyk yg mati. trims

  35. 85 lifer
    25 Februari 2012 pukul 10:56 pm

    salam kenal, saya lifer asal medan. apa sdh ada cabang pembibitan di medan?

  36. 2 Maret 2012 pukul 1:50 pm

    salam kenal mas rozak.
    LAT indukan yg dijual jenis apa?
    punya usaha pembesaran untuk konsumsi?
    pemasarannya kemana saja? sdh berapa tahun menggeluti budidaya LAT?

    atas tanggapannya sy ucapkan terimakasih

  37. 91 Wira
    2 Maret 2012 pukul 8:26 pm

    Salam.
    Mas mau tanya kan kalo pakai air PDAM harus diendapkan dulu. lha endapannya apakah harus dibuang?
    bagaimana kita tahu kalau kadar oksigen air dalam aquarium sedikit?
    Apakah Mas Rozak juga menyediakan peletnya juga? yang merek BFC ada Mas??
    Terima kasih

    • 5 Maret 2012 pukul 10:05 pm

      memang pemakaian air PDAM tdk hrs diendapkan, terlebih untuk LAT yg sudah dewasa.
      air PDAM diendapkan kalo kadar kaporitnya terlalu tinggi dan dipakai untuk LAT yg
      masih kecil (burayak), karena lbh peka terhadap zat kimiawi.
      ada alat yg dipakai untuk mengukur kadar oksigen terlarut. tetapi pemakaian alat tsb
      tdk teralu dibutuhkan, krn yg terpenting ada aerator atau water pump dlm aquarium sdh
      menyuplai oksigen yg cukup untuk LAT.
      Untuk pelet saya jg menyediakan tetapi mereknya bukan BFC, krn menurut sy merek tidak
      terlalu dipersoalkan, yg terpenting adalah kandungan proteinnya sesuai yg dibutuhkan.

  38. 93 malik
    6 Maret 2012 pukul 11:27 am

    kl saya bli bibit cara bawa plngx gmn biar lobster ga mati n sters? rumah saya madiun kota

  39. 95 thedy
    6 Maret 2012 pukul 4:28 pm

    mas saya mau tanya ,mengenai LAT karna saya pengen coba budidaya LAT juga
    pertanyaan saya ?
    1. perbeda LAT hias sama LAT di komsumsi apa?
    2. cara memilih bibit yang baik gimana?
    sblom thanx yah atas info yee

    • 7 Maret 2012 pukul 12:49 pm

      1. LAT hias terlihat dari tekstur warnanya yg lebih bagus dan mencolok, karena sengaja dipelihara
      di tempat yg bersih seperti aquarium dan kolam yg tidak terkena matahari secara langsung.
      2. Pada dasarnya membeli bibit di tempat pembudidaya secara langsung lebih menjamin untuk mendapatkan
      bibit dengan kualitas yg baik, krn pada umumnya para petani sdh mensortir mana yg layak untuk dijadikan
      calon indukan dan mana yg tidak layak. Tetapi secara umum jantan yg baik adalah yg mempunyai tubuh dan capit
      yg besar. dan untuk betina yg baik adalah yang perut bagian bawah lebar, krn berfungsi untuk mengerami telur.

      • 97 thedy
        13 Maret 2012 pukul 12:06 pm

        mas rozak saya udah beli bibit lat dr tmp org yg jual ikan hias ,kata org kalo lat hias ama konsumsi sebenar sama aja ,benar apa gak sich ?
        karna buat daerah kalimantan barat khusus pontianak ,mau cari indukan gak gampang
        karna yang budidaya di daerah saya blom ada/bole di bilg sangat jarang sekali.
        maka saya mau coba budidaya lat
        oh iya sebenar pakan lat yg bgs apa?
        selaen di kasi pakan lat bole kasi makan apa lagi yah?

      • 15 Maret 2012 pukul 7:46 am

        memang benar, cuma klo lat hias itu pemeliharaannya di tempat yg bersih spt aquarium
        atau bak fiber dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Biasanya ada dua jenis
        lat yg sering dijual belikan yaitu red claw (warna biru), dan clarkii (warna merah).

        untuk pakan sebenarnya sama saja yg penting kandungan proteinnya tinggi, berkisar antara
        30-40 persen.

        selain dikasih pelet/konsentrat, bisa juga dikasih sayuran seperti tauge, wortel dll. tp
        klo bisa direbus sebentar, spy tidak terlalu keras dan bisa tenggelam. atau bisa juga
        diberi keong mas.

        terima kasih…

  40. 99 rio
    16 Maret 2012 pukul 5:02 pm

    mas sya rio dari tenggarong, KALTIM. kalo beli bibit lobster terus kirim ke kaltim bisa enggak . saya mau nyoba pelihara di rumah, skala aquarium aja. soalanya belum pinyak rumah hehehe…

    • 17 Maret 2012 pukul 10:17 am

      Maaf Pak Rio, untuk sementara masih melayani surabaya dan sekitarnya.

      terima kasih

      • 101 thedy
        17 Maret 2012 pukul 11:42 am

        mas rozak saya mau tanya lagi kalo misal kasi mkn wortel jadi harus di potong kcl2 aja atau lsng 1 batang gitu taruh diaqurium ?
        sori banyak tanya utk sementara ini saya masih kasi mkn pelet aja dl

      • 18 Maret 2012 pukul 11:08 pm

        sebaiknya diparut, tp pakai parutan keju, bukan parutan kelapa.

      • 103 tedi
        20 Maret 2012 pukul 3:18 pm

        mas rozak wah sori nanya lagi nich,gini mas kenapa air aquarium saya cpt butek /kotor dan air cpt bau
        padahal saya baru ganti air pas hari minggu loh.
        mas rozak kalo mau mencegah lat supaya jangan sering berkelahi
        karna lat saya udah 1 ekor yg mati di kanibal oleh lat yg laen
        pdhal mkn cukup loh malah setiap saya pulang masih ada sisa pelet yah
        jadi solusi gimana yah mas rozak

      • 21 Maret 2012 pukul 12:24 pm

        untuk mengatasi air yg cepat keruh biasanya digunakan filter (water pump).
        sedangkan untuk mengurangi tingkat kanibal dengan mengurangi jumlah lobster,
        jangan lupa diberikan makanan yg berbau amis seperti keong mas.

        terima kasih

  41. 105 andhika
    25 Maret 2012 pukul 11:41 pm

    mau tanya,, kalau indukan udah mengeram., ap yg harus dilakukan,, mohon tips nya,, ap perlu dipisah,?? terima ksh sebelumya.. mohon balasannya…

  42. 107 Bayyu Adi Murangga
    28 Maret 2012 pukul 5:02 pm

    Assalamualaikm.
    Mas, Saya mau bertanya :
    Apa penyebab mortalitas yang paling dominan pada lobster ukuran 1-3 inchi? Beberapa wkt yg lalu Saya membeli bibit lobster, tp hampir tiap hari ada yang mati. Saya memiliharanya di aquarium dengan aerator dan water filter. Apakah volume air juga berpengaruh? Atau jumlah pakan yang Saya berikan terlalu banyak?
    Mohon jawababnya. Trimakasih. Wassalam…

    • 30 Maret 2012 pukul 7:20 am

      Wa’alaikum salam…
      banyak sekali penyebab kematian lobster.antara lain:
      1. karena terkena penyakit yg bersifat menular
      2. karena perubahan suhu yang drastis
      3. karena kadar oksigen yg kurang dlm air
      kesemuanya bisa diidentifikasi dengan melihat fisik secara langsung.

      terima kasih.

  43. 109 indra
    23 April 2012 pukul 12:57 pm

    halooo….ikut nimbrung bozzz, mua nanya nihhh, saya tertarik peluang usaha ini, kkebetulan saya tinggal di makassar, untuk memperoleh indukannya, apa boleh di kirim ke makassar? makasih

  44. 27 April 2012 pukul 12:19 pm

    Saya cerita dulu sedikit ya mas sebelum bertanya :)
    Saya memiliki 3 lobster
    Lobster pertama betina, yang kedua banci (diduga), dan yang ketiga jantan
    Si jantan cenderung agresif dan “galak” kepada yang lainnya, padahal si jantan itu yang paling terakhir saya beli
    Si banci cenderung takut jika lobster jantan lewat di depannya, biasanya si jantan langsung mengejar si banci tersebut, memang ukuran si banci lebih kecil drpd si jantan dan betina
    Si betina cenderung lebih berani terhadap si jantan, biasanya jika si jantan “menyerang”, si betina dengan berani meladeninya, walaupun perkelahian terlihat begitu-begitu saja, terkesan bercanda dan tidak sampai menyebabkan lobster terluka
    Setelah beberapa saat berkelahi, mereka bubar kembali
    Nah, saya ingin tanya apakah hal seperti ini masih bisa dimungkinkan perkawinan antara si jantan dan si betina?
    Mendengar katanya jika tidak cocok n sering bertengkar, mereka tidak mau kawin
    Thanks :)

    • 27 April 2012 pukul 9:34 pm

      hehe..ada ceritanya segala, jd kyak sinetron.
      memang perkelahian bukan faktor penentu apakah
      lobster akan kawin atau tidak. bisa saja ketika
      si betina kalah kemudian si jantan lantas mengawininya.
      Krn perkawinan bisa terjadi ketika si betina dicapit
      oleh si jantan.
      tp memang idealnya dalam satu tempat terdapat lebih dari
      satu betina. semakin banyak lobster dalam satu tempat,
      maka semakin besar peluang untuk bertelur (kawin masal).

      • 113 007secret
        2 Mei 2012 pukul 3:01 pm

        mau tanya lagi mas…mungkin ga kalau lobsternya ga akan mau kawin?
        saya sudah 2 minggu memelihara tapi blum mau kawin jg
        sementara yg saudara saya sudah kawin, padahal waktu pembeliannya hampir sama
        memang yg saudara saya sebelumnya sudah ada yg kawin, lalu dia beli lagi 2 betina, lantas langsung kawin lg
        kalau saya hanya sepasang

      • 4 Mei 2012 pukul 1:31 pm

        mungkin saja. karena lobster jg milih2 dlm mencari pasangan.
        oleh sebab itu klo bisa sistem kawin masal. peluang bertelur
        lebih besar.

      • 20 Juni 2012 pukul 5:45 pm

        Mau tanya dong mas
        Beberapa hari yg lalu, telur lobster saya sudah oranye dan ada black eye spot (bakal mata)
        Sekitar 2 hr kemudian.,telurnya banyak yg copot, tp msh ada yg nempel di induknya juga sih
        Nah telur yg copot itu berbentuk bulat oranye dan ada black eye spot serta kaki2 halus, ada yg gerak2 ada jg yg diam saja
        Nah saya mau tny ya mas :
        1. Itu kira2 bagaimana mas?apakah dibiarkan saja atau harus dipisah dr induknya atau gmn?
        2. Kalau dipisah hrs pkai aerator?
        3. Kalau yg seperti itu ada kemungkinan berubah jd burayak apa mati ya? Thx ya mas :) Ditunggu ketiga jwbannya GBU :)

      • 23 Juni 2012 pukul 2:22 pm

        biasanya telur yang sudah lepas dari induknya gagal menjadi burayak.
        oleh sebab itu harus dijaga kualitas air dan pasokan oksigen, agar
        indukan tidak merasa stres dan merontokkan telurnya sendiri.

  45. 117 putra
    2 Mei 2012 pukul 3:11 pm

    Bos, klo kirim ke palembang berapa harga 1 set indukannya, tks

  46. 119 muhammad sarih
    5 Mei 2012 pukul 5:03 pm

    mantap ya masrozak… saya tertarik tuh,,, di rumah saya ada akuarium 1,5mx0,5meter… pengin saya mulai usaha tu.. tapi sayangnya kalo ke Kepri yang bisa dikirim ya indukannya? Tolong informasinya kalau di sini ada jual bibitnya,… trims

  47. 12 Mei 2012 pukul 1:05 pm

    Mas, saya mau tanya. gimana caranya untuk pilih indukan yang bagus? lalu ciri-ciri LAT yang sakit? obat buat LAT yang sakit? dan terakhir cara merawat anak LAT?
    Trima kasih

    • 16 Mei 2012 pukul 1:12 pm

      cari indukan jantan yang terlihat gagah, bercapit besar dan proporsional.
      untuk betina cari yang perut bawahnya lebar, shg mampu menampung telur
      dalam jml banyak.

      ciri lat sakit baru bisa diketahui dg cara melihat langsung. tetapi pd
      umumnya nafsu makannya turun atau tdk ada.
      untuk obat menyesuaikan dg penyakitnya.

      cara merawat anak lat sama spt merawat indukan, hny anak lat lebih peka
      terhadap perubahan lingkungan termasuk perubahan suhu dan kadar oksigen.
      untuk pakan anak lat bisa diberikan cacing sutera.

  48. 123 rinaldi
    6 Juni 2012 pukul 1:09 pm

    mas, kalo lobster nya sudah netas, induk nya harus di pisahin apa nggak??

  49. 125 muhammad muhlisin
    6 Juni 2012 pukul 3:40 pm

    mas saya minta daftar harga beserta ukurannya untuk indukan red claw per setnya berapa????soalnya saya pengen beli indukan red clawnya,bisa di kirim ke mojokerto??? terimakasih

  50. 129 muhammad muhlisin
    7 Juni 2012 pukul 1:54 pm

    mas,saya kan dirumah punya kolam semen ukuran 1,5mx0,5mx0,5m, kira-kira untuk ukuran kolam tadi itu bisa di isi dengan indukan berapa set mas???? terimakasih

  51. 8 Juni 2012 pukul 2:25 pm

    gan lobster ane yang jantan pada mati, kenapa bisa gitu ya???
    tlong dibalas gan,,,suwun.

    • 11 Juni 2012 pukul 11:05 am

      banyak faktor yg menyebabkan lobster mati. perubahan suhu yang drastis,
      kurangnya pasokan oksigen, kandungan kimia dalam air, pakan yang diberikan, dll. jd harus
      diselidiki lbh dlm, baru bisa diketahui penyebab kematian.
      terima kasih..

  52. 9 Juni 2012 pukul 10:14 am

    mas rozak,, saya mau tanya nih, apakah LobsterAirTawar ini bisa di satukan dengan jenis ikan seperti nila dll dalam 1 kolam? mohon petunjuk nya, TerimaKasih.

    • 11 Juni 2012 pukul 11:10 am

      sebenarnya tidak apa2 asal diperhatikan dalam pemberian pakan
      (menghindari kekurangan pakan),ketersediaan oksigen (krn semakin banyak penghuni kolam
      maka semakin banyak oksigen yg dibutuhkan), tempat persembunyian ketika moulting
      (agar tidak termakan oleh ikan).
      terima kasih..

  53. 13 Juni 2012 pukul 5:03 pm

    mas,klo LAT itu kanibal ngga? klo indukan sdh bertelur perlu dipisahkan dgn yg lainnya apa tidak? terus terang sy tertarik budidaya LAT ini.terima kasih.

    • 14 Juni 2012 pukul 10:10 am

      LAT memang termasuk hewan yang kanibal.
      tp kita bisa mengurangi atw meminimalisir
      tingkat kanibal lat dengan berbagai cara,
      termasuk mengurangi tingkat kpadatan, memberi
      makan yg cukup, memberi tempat persembunyian yg
      cukup dll.
      indukan yg sedang bertelur memang sebaiknya dipisah
      untuk menghindari stress atw gangguan dr lat lain.
      terima kasih…

  54. 15 Juni 2012 pukul 8:23 am

    kalo pemesanan bisa di antar gag gan?tlong infonya
    bale via email saya gan man.cpgt@yahoo.com
    tq

  55. 15 Juni 2012 pukul 4:26 pm

    mas mau tanya ”
    1.dirumah ad aquarium kaca ngangur 1,5×0,5m
    apakah bs digunakan buat LAT ? kira2 sebaiknya brp ekor anakan.induk yg cukup maz?
    2.ad jam kosong g mas buat saya maen k rumahnya maz?
    mkshhhh byak ^_^

    • 18 Juni 2012 pukul 1:43 pm

      Bisa. klo untuk anakan ukuran 2″ bisa sampai 20-30 ekor dengan
      diberi tempat persembunyian yang cukup. kalau utk indukan bisa
      satu set (5 betina 3 jantan).

      Mas bisa ke rumah hari sabtu atau minggu sore.
      terima kasih.

  56. 149 rani saragih
    19 Juni 2012 pukul 2:42 pm

    mas saya juga hobbiet lobster ni
    tp yg ada dirumah pada saat ini cuma red claw
    ada yg clarkii gak
    trus bisa gak kirim ke medan

    kalo bisa, boleh hubungi no ini aja
    081376165201
    n kalo ada minat juga boleh hubungi no ni

  57. 24 Juni 2012 pukul 5:50 pm

    assallamuallaikum mas
    saya mau tanya mas tolong jawab mas
    saya mas sudah menekuni lobster air tawar ni kurang lebih 1 thn mas
    saya sudah trsedia 5 aquarium dan 1 kolam yg br`ukuran 4 x 4 m.
    yang saya mau tanya mas,npa pda saat moulting,lobster saya pada mati mas,rata rata mati pada ukuran 4 inci mas.
    apa penyebabnya mas…
    tolong bantu ea mas..
    saya andriansyah dri bandung
    tlong mnta ntuannya ea mas

    • 26 Juni 2012 pukul 9:26 pm

      wa’alaikum salam…
      biasanya lobster gagal moulting dikarenakan perubahan suhu yang drastis.
      coba anda pindahkan di suhu kamar jauh hari ketika lobster akan moulting.

  58. 26 Juni 2012 pukul 2:12 pm

    mas rozak saya mau tanya:
    saya memelihara LAT konsumsi 1 set di akuarium ukuran 80x50x50cm sdh diberi aerator beserta filternya +roster, yg mau dtanyakan knpa akuarium cpt butek/ktor hmpir tiap hari air diganti mas?
    trs yg kedua knp pkan yg sy berikan selalu sisa banyak mas?pkan slalu sy beri pelet n wortel 2x shari. tlg djwb mas .thanks

    • 26 Juni 2012 pukul 9:31 pm

      air cepet kotor adalah pertanda pakan yang diberikan terlalu banyak.
      sehingga sisa pelet yang tidak termakan menyebabkan air cepat keruh.
      coba anda kurangi pemberian pakan, terutama ketika pagi, krn lobster makan lebih banyak
      ketika malam hari.
      terima kasih.

  59. 30 Juni 2012 pukul 8:32 pm

    maaf ea mas saya gaggu lg..
    saya mw sdkit brtanya kembali..
    npa ea mas tuh lbster bnyak yg gagal moulting pda saat d smpen d kolam semen mas..
    pdahal air trkendali,besih dh aerator pkai dan sirkulasi pakai..
    penyebabnya pa ea mas…..
    mksud`a d pindahkan ke suhu kamar..
    pa ea mas kurang mengerti saya mas…..

  60. 7 Juli 2012 pukul 4:50 am

    gan ane mau nanya nih.. kalau untuk bibit 1000 ekor ukuran kolam minimal brapa meter per segi.. trus kalo untuk budidaya media terpal bisa ga.. soalnya ane punya lahan terbatas gan.. matur thankyou..

    • 8 Juli 2012 pukul 9:00 pm

      tidak ada patokan yang pasti untuk jumlah dan tempat. tp biasanya ukuran
      1 meter persegi diisi antara 10-15 ekor (untuk pembesaran).

      media terpal bisa digunakan, tp pertumbuhannya relatif lebih lambat
      dibanding dengan kolam tanah.

  61. 159 gordon
    12 Juli 2012 pukul 12:01 am

    mas,
    Apakah bibit (3cm) sudah bisa dilihat jenis kelaminnya?

  62. 162 AKBAR
    14 Juli 2012 pukul 9:47 am

    Mas bila budidaya di media aquarium, terpal & semen apakah perlu pasir untuk dasaran nya?

  63. 164 doni
    17 Juli 2012 pukul 1:01 am

    untuk di tambak budidayax gmn?

  64. 166 angga
    19 Juli 2012 pukul 1:36 pm

    sukses mas mksh buat ilmunya,,,,,bermnafaat like this yoo….
    angga from bandung

  65. 28 Juli 2012 pukul 11:00 pm

    klo mau cari indukan di daerah solo ada ga ya gan,,,,mngkin ada info

  66. 170 R ryadi
    6 Agustus 2012 pukul 7:12 am

    Mas, mau tanya saya mau mulai untuk budidaya LAT, saya berasal di Bontang, apakah bisa untuk dikirim bibit dari sby ke bntg (kaltim)

  67. 172 Hendrik
    10 Agustus 2012 pukul 10:04 am

    Lobster yg sya pelihara 2 indukanny sedang brtelur.lalu sya pindahkn dng sangat ht2 ke aquarium berbeda dng air yg bru.lalu saya beri aerator.tp ko keesokanny lobster trsbut brusaha merontokn telur2ny.shngga telurny pun jd sdkt. Kira2 knp ya. Trus telur yg rontok tu apakah msh bsa menetas.

    • 15 Agustus 2012 pukul 1:46 pm

      banyak sebab untuk itu, yg pertama mungkin sebelum
      dipindahkan telur sdh terjangkit jamur shg lobster
      tidak nyaman n ingin merontokkan telurnya. kemungkinan
      lain krn stress akibat prubahan suhu, air, n oksigen.

  68. 174 pandu wicaksono
    11 Agustus 2012 pukul 11:03 am

    Mas,kalau pemasarannya bisa bantu ga mas?

    terima kasih

  69. 176 Asep kurniawan
    15 Agustus 2012 pukul 1:26 am

    assalamualaikum, mas sy mau tanya kalau budidaya LAT di aquarium dr proses pembibitan sampai siap panen/jual kira2 idealnya bth waktu brp lama, dan perbandingan waktu dgn budidaya LAT di kolam tanah/semen. Trimakasih!!!

  70. 16 Agustus 2012 pukul 1:51 pm

    kami dilampung bagai mana mendapatkan bibit,saya tertarik dengan bubdidaya lobs
    ter

  71. 180 Asep kurniawan
    19 Agustus 2012 pukul 2:33 am

    mas,sy mau tanya lg. sbagai pmula yg ingin mulai budidaya lobster kira2 menurut mas untuk memulainya lbh baik dari mana? apakah sy mulai dr membeli 1 set LAT lalu sy coba kawinkan atau membeli benih/bibit yg siap tebar. mohon pencerahannya. tks..

  72. 182 muhammad muhlisin
    28 Agustus 2012 pukul 4:08 pm

    kalau ada cara pemesanan dan pembayarannya gimana mas????? terimakasih

  73. 184 sultan culek
    3 September 2012 pukul 9:34 am

    mas saya pengen nanya2 nih :)

    kalo peletnya itu campurannya dari apa ae yang bagus mas?
    trus masak mas gak bisa kiri ke jember mas… resiko mati atau apa mas kendalanya kok gak bisa kiri,
    soalnya saya pengen nyoba mas…

    di pack pakek Styrofoam itu gak bisa ta mas untuk proses pengirimannya?

    salam kenal mas

  74. 27 September 2012 pukul 11:35 am

    mas aku di Lampung aku mau coba gmn cara budidaya LAT di aquarium, ajarin yach N cari bibitnya dimana ?

  75. 188 Yogi koesworo
    29 September 2012 pukul 10:46 am

    Mas bagi Tips untuk pemasarannya bagaimana ya ?
    saya dirumah udah siap jual ukuran 2 inch
    kira2 klo ke tukang ikan hias bisa g ya mas?
    trims……….

  76. 190 rahmat
    8 Oktober 2012 pukul 9:35 am

    cara bkin peletnya supaya tengelam gmna?

  77. 192 rino
    12 Oktober 2012 pukul 7:50 pm

    mas saya mau tanya kalau saya mau beli indukan lobster nya gmn caranya sebab saya posisi nya ada di daerah baturaja palembang,apa bisa di krim indukan nya

  78. 13 Oktober 2012 pukul 11:00 am

    Askm. Mas Rozak , kalau saya beli benihnya bisa ? Posisi di Tegal. Jarak Stasiun 40 km, apakah lobster bisa bertahan ? sampai berapa hari … trims

    • 13 Oktober 2012 pukul 1:16 pm

      bisa mas, butuh brpa? sy jg pny mitra d daerah jawa tengah, nti sy suruh ngirim dr sana.
      lobster bisa bertahan 24 jam lebih klo packingnya benar..
      untuk lbh jls hub 081515175636 a/n Rozak.
      thx..

  79. 196 wahyu prasetyo
    14 Oktober 2012 pukul 11:04 pm

    Salam kenal mas
    Apa mas rozak jg menjual media (aquarium) utk budidaya LAT di rumah….kira2 brp media yg harus saya siapkan
    Karena saya ingin mencoba usaha di rumah dgn target konsumsi…kira2 brp lama mas utk target konsumsi…..

    Trm ksh mas sebelumnya……

    • 15 Oktober 2012 pukul 2:20 am

      salam kenal balik mas..
      ini dari mana ya?
      ada mas, tp pesan dlu..
      untuk pemula mungkin cukup 2 atau 3 aquarium, satu aquarium untuk pemijahan
      dan 2 untuk tempat indukan yg mengeram telurnya smpe menetas..
      untuk target konsumsi tergantung permintaan (1 kg isi berapa), tp kebanyakan
      6-7 bulan.
      utk lbh jls silahkan menghubungi 081515175636

  80. 198 dyoo
    16 Oktober 2012 pukul 5:46 pm

    salam kenal mas,sya mw tnya mas..sya pengen usaha trenak lobster nii mas..
    kl utk trenak lobster utk tmptnya di kolam semen itu baik ga mas?
    terus cara ngrawatnya gmn mas?
    ajarii sya mass..makasih..

  81. 200 HenDRa
    23 Oktober 2012 pukul 9:11 pm

    Salam KenaL Mas , SaYa BerMInaT unTuk BudidaYa LAT
    apa SkaraNg Msh MenJuaL BenIh LAT.
    Dan MoHon SaraNYa , Media Apa Yg TePaT unTuk Proses PemBesaRan.
    thzx

  82. 206 Ck
    24 Oktober 2012 pukul 11:26 pm

    saya tertarik denggan LAT,tapi apa mampu bertahan samai tujuan apa lgi luar pulau, saya berasal dari Kab. Sintabgg Kalbar

  83. 208 muhammad muhlisin
    2 November 2012 pukul 2:21 pm

    mas,saya muhlis yang pernah beli indukan 2 set,saya mau tanya biasanya kalau telurnya ud menetas itu berapa hari anakannya lepas dari ekor induknya??? kok punya saya ud 3 hari menetas tapi anakannya masih nempel di ekor induknya???? trus harga peletnya per KG brapa mas??? terimakasih

    • 3 November 2012 pukul 5:11 pm

      iya mas, biasanya 1 minggu lebih baru mulai turun sedikit2..dia masih butuh nutrisi dr induknya, pokoknya klo
      80 persen udah turun sampean kentrok aja yang masih nempel. Hrg pelet macam2 mas lihat kandungan protein.
      klo yang punyaku 17rb/kg.

  84. 210 muhammad muhlisin
    5 November 2012 pukul 5:40 pm

    ap penyebab anakan yang sudah menetas tp masih menempel di ekor induknya tiba-tiba mati semua mas????soalnya 2 indukan saya anaknya mati semua,padahal malamnya saya lihat ud ada anakan yang lepas dari induknya,tapi sorenya hampir 90 % anak dari dua indukan saya mati,ap gara-gara aeratornya mati??? soalnya kata orang yang ada dirumah sebelum saya pulang kerja listriknya mati,tapi matinya cuman 10 menitan.tolong kasih tips biar indukan saya yang mau menetas biar tidak mati lagi.sebelumnya makasih tips dan penjelasanya.

    • 7 November 2012 pukul 11:37 am

      banyak sekali faktor yg meyebabkan kematian benih mas, diantaranya kurangnya pasokan oksigen krn matinya aerator krn benih sangat rentan terhadap perubahan lingkungan, misalnya perubahan kandungan oksigen di air, suhu air, pergantian air dsb. Oleh karena itu kita harus sedikit telaten untuk merawat benih2 yg baru menetas.

    • 212 muhammad muhlisin
      7 November 2012 pukul 2:40 pm

      sebaiknya pakan apa yang di kasih untuk anakan udang yang baru menetas mas??? pelet atau cacing sutera??? sementara ini sisa anakan saya yang masi hidup saya kasih pelet,soalnya waktu saya kasih cacing sutera kayaknya cacingnya malah ganggu anakannya

      • 8 November 2012 pukul 11:58 am

        sebaiknya memang dikasih cacing sutera, tp terkadang ukuran cacing sutera yg terlalau besar menyababkan benih kesulitan untuk memakannya. Kalau memang spt itu mas bisa membeli cacing beku (cacing sutera yg sudah dibekukan).

  85. 11 November 2012 pukul 9:15 pm

    ma’af mas mau tanya misalnya bibit udang lobster beli ditempat sampean cara membawanya kekalimantan timur kota samarinda gimana caranya mas ?

  86. 20 November 2012 pukul 1:43 pm

    mas saya mau tanya , kalau indukan beli yg 200.000 itu bisa dikirim ke jkt gk mas ???

  87. 218 udin
    26 November 2012 pukul 7:57 pm

    saya ingin usaha sampingan ternak lobster, gimana awalnya ya, makasih

    • 26 November 2012 pukul 10:11 pm

      untuk pemula mungkin bisa menggunakan media aquarium . sediakan aquarium ukuran pxlxt= 100x40x30, beri filter dan aerator, sediakan tempat sembunyi seperti paralon 3in atau rooster. isi dengan air sumur atau air pdam yang sudah diendapkan semalam. kemudian siap untuk di masuki lobster indukan 1 set (3 jantan 5 betina).
      keterangan lebih jelas tentang stok dan harga silahkan hub 081515175636
      terima kasih.

  88. 220 Halim
    29 November 2012 pukul 2:15 am

    Mas saya Halim dari medan,mau nanya mas,buat pngiriman indukan ke medannya bisa?
    Kalau bisa,minimum brapa set n minta perincian harganya ya…
    Mohon infonya ya saya sangat trtarik dgn budidaya LAT
    Thankss

  89. 5 Desember 2012 pukul 10:00 pm

    ass wr wb…pak sy fadly dari jakarta timur…sy mau tanya klo mau tau ukuran PH airnya dgn cara apa ya ??….

    • 6 Desember 2012 pukul 11:06 pm

      wa’alaikum salam wr.wb
      untuk mengetahui PH air sebenarnya ada alat namanya PH meter tp mungkin harganya masih relatif mahal, klo pingin yang lebih murah bisa kita pakai kertas lakmus. Tapi untuk budidaya lobster saya kira tidak terlalu penting, karena air yang ada dilingkungan kita kebanyakan tidak terlalu asam juga tidak terlalu basa, artinya masih ideal untuk digunakan budidaya lobster. kecuali di lingkungan tertentu.

  90. 224 Rasyid
    15 Januari 2013 pukul 10:26 pm

    Mas rozak.. sebelumnya salam kenal ya…
    sy Rasyid asal Jember…
    mau tanya ne…
    1. utk pertumbuhan lobster yg baik di butuhkan suhu air (c) brapa y mas…
    2. misalkan menggunakan aerator yg lubangnya banyak (+10) di dalam akuarium yg berukuran 100x40x30 (pxtxl) apa berpengaruh terhadap pertumbuhan lobster itu sendiri mas…
    3. berapa bulan sekali air aquarium yg menggunakan filter harus diganti mas…
    soalnya sy tertarik utk mencoba peluang usaha ini mas…
    trim’s…

    • 19 Januari 2013 pukul 12:01 pm

      salam kenal balik mas rasyid..
      1. suhu ideal untuk lobster berkisar 25-29 derajat celcius.
      2. pada umumnya setiap hewan air memerlukan oksigen terlarut untuk bisa bernafas termasuk juga lobster, tetapi untuk lobster sangat toleran terhadap kadar oksigen, ada yg mengatakan 3-5 ppm mengacu pada habitat aslinya di sebuah danau di Australia. Tetapi menurut hemat saya 1 buah mesin aerator sudah cukup untuk menyuplai oksigen dalam 1 aquarium.
      3. Tidak ada patokan untuk itu mas, tinggal kita lihat saja keadaan airnya, klo memang sudah terlihat banyak endapan kotoran dan sisa2 makanan maka sebaiknya dikuras dengan cara menyedot dengan selang kotoran2 yang ada di dasar aquarium, untuk selanjutnya ditambahkan air yang baru.

      terima kasih.

  91. 226 Halim
    17 Januari 2013 pukul 3:02 am

    Mas,kl yg hias ada ga ya? Papua tiger,yabbie, clarkii gt?
    Kl ada brapaan ya gan?
    Infoin ya ke e-mail u/ pengiriman ke nedannya gmn
    Thankszz

  92. 228 abdillahi romadhona
    21 Januari 2013 pukul 1:28 pm

    hallo mas salam k’nal ya,saya abdi dr palembang…
    saya tertarik mas ingin membudidayakan lobster air tawar,
    saya uda liat cara2nya diatas,dan saya mau mencoba,…?
    proses perkembangbiakan itu berapa lama ya mas sampai bisa d jual…….
    trus pakan yg protein nya tinggi itu apa mas…..?
    klu boleh saya minta sarannya ya mas…
    trus klu saya mau membeli sluruh perlengkapannya baik itu aqurium ,oksigen,indukan lobster dll bisa nggak mas dikirim ke plg,ni nmr hp saya 085380144244 dan 085758858200.trimz

    • 1 Februari 2013 pukul 7:43 pm

      salam kenal balik..
      kalau medianya tanah biasanya sekitar 5-6 bulan, tp itu semua tergantung permintaan pasar minta isi berapa 1 kg.
      untuk aquarium sy tidak bisa mengirim krn resikonya terlalu besar, yang bisa dikrm mungkin hanya lobster dan peralatannya saja.
      trims..

  93. 26 Januari 2013 pukul 12:18 am

    mas sya mau tnya, jika indukan yg lagi bertelur merontokkan telurnya sendiri, itu penyebabnya apa?

    • 1 Februari 2013 pukul 7:40 pm

      Banyak penyebabnya, tp biasanya krn telur yang dieram berjamur shg si induk merontokkan telurnya, atw bisa jadi si induk stress krn lingkungan/media yang kurang nyaman. Dan kemungkinan terakhir krn telur yang dieram tidak dibuahi oleh sperma yang jantan, jika demikian maka telur tidak akan menetas dan akhirnya si induk akan merontokkannya.
      terima kasih..

  94. 232 Mery Wijaya
    1 Februari 2013 pukul 2:01 pm

    Kalo pengiriman ke Bandung bisa gak untuk 1 set lobster? thanks

  95. 234 ovi
    10 Maret 2013 pukul 11:48 am

    di mn bs mendapatkan bibit indukan di palembang

  96. 236 anshan
    15 Maret 2013 pukul 10:31 pm

    mas saya punya sepasang lobster jantan dan betina bibit sekitar 6-7 cm, kalo di gabungin dalam satu akurium gak papa kan ? dan gimana kalo akurium gak pakai oksigen listrik

    • 17 Maret 2013 pukul 7:59 pm

      ndak masalah mas, sbnarnya bisa aquarium tnp oksigen tp airnya jgn banyak2 n kasih panjatan spy dia bisa keluar untuk bernafas. Tp saran sy lbh baik diberi oksigen terlarut lwt aertaor atw pompa air supaya nafsu makannya bertambah n pertumbuhannya relatif lbh cepat.

  97. 238 wildfire
    27 Maret 2013 pukul 5:27 pm

    Assalamualaikum,..
    Salam kenal mas rozak, saya wildan dari purwakarta jabar,. (Bukan purwokerto jateng ya mas..) bisa kirim kesini ga mas? Saya minat nih budidaya LAT… mkasih..

  98. 240 iyyas
    31 Maret 2013 pukul 8:41 pm

    Salam kenal mas,
    mau tanya misalkan aquarium diganti dg tempat dari bahan dari plastik bisa ga mas..?

  99. 244 edy gunawan
    6 April 2013 pukul 10:08 am

    Assalamualaikum Masrozak:
    Saya Edy dari Malang dan tertarik dengan budidaya Lobster, dan awam masalah lobster:
    saya mau tanya Nilai Keuntungannya berapa persen dari modal: Biaya Pakan dan ongkos kerja dan operasional lainyya: sejak 0 tahun hingga layak jual?
    trimakasih sebelumnya.

    • 6 April 2013 pukul 6:42 pm

      wa’alaikum salam mas..
      untuk keuntungan detail brp persen sy blm pernah menghitung. yg jelas pengalaman saya utk pemasaran lobster sbg penghias aquarium (bkn sbg konsumsi) membutuhkan waktu 2-2,5 bln. kebutuhan makan perbulan utk 100 ekor sekitar 1-1,5kg. hrg pakan perkilo eceran 15rb, jika pembeliaannya perzak tentu lebih murah. biaya listrik bisa dihitung sendiri, untuk 1 tempat butuh 1 aerator yang umumnya max 10Watt. sedangkan untuk penjualannya di pasar2 ikan hias lobster ukuran 2-2,5 in bisa mencapai Rp.2.000-4.000 perekor.
      untuk konsumsi biasanya memakan waktu 6-7 bulan (tergantung permintaan konsumen), tp pemeliharaannya membutuhkan kolam yang luas (kolam tanah) untuk mempercepat pertumbuhannya.

      terima kasih..

  100. 246 aris
    8 April 2013 pukul 6:31 pm

    juragan peternak,,saya aris dari kediri,, saya tertarik stelah liat info diatas…
    jd kepingin ni biar bisa kayak juragan…
    almt nya mana ya? pngen maen kesana trs shering2 gtu saya kan amam gtu blu tau apa tentang si lobster air tawar ni makasih..

  101. 248 budi agusdrianto
    14 Mei 2013 pukul 1:22 pm

    saya budi, saya tertarik budi daya lobster tapi rmh saya di daerah bandung gmn caranya?mohon balasannya secepatnya ya?thanks

    • 15 Mei 2013 pukul 12:02 pm

      salam kenal mas budi…
      untuk bandung bisa dikirim via herona (kereta api), ambilnya nanti di kantor herona di stasiun. untuk lebih jelasnya hub sy langsung di 081515175636
      trims

  102. 250 Revan
    28 Mei 2013 pukul 10:57 pm

    Assalamua’alikum,,
    Salam kenal mas rozak sy revan dr lampung..
    Sy masih bru belajar dlm pembudidayaan lobster air tawar..
    Dan sekiranya mas rozak bsa berbagi ilmunya,,
    Yg ingin sy tanyakan..

    1.Jika lat dirawat dalam aquarium dalam suhu ruangan dan tidak terkena sinar matahari apakah tidak berpengaruh terhadap perkembangan lat?
    Apakah harus terkena sinar?karna cuaca dilampung sangat panas…

    2.jika induk betina saat mengerami telur,dan sang induk menjatuhkan telurnya apakah sang induk terkena penyakit..
    Jika terbukti terkena penyakit apakah boleh induk yg mengerami telur tsb ditaruh didalam air garam hingga sehat seperti semula,,sesuai pnjelasan artikel diatas dan apa pengaruh nya terhadap telur apakah akan gagal menetas jika terkena air garam??

    3.stelah menjadi burayak dan berumur 2 bulan,apakah bisa anak lat dipindahkan dikolam tanah?sedangkan kolam tanah airnya keruh,dan tentunya pasokan oksigen sangat kurang?
    dan bagaimana mengatasi kadar oxsigen dan keruhnya air pd kolam tersebut apakah dikuras??

    4.saat mengganti air kolam semen,maupun aquarium dan tanah apakah air sumur yg dipakai harus diendapkan dulu sehari agar kandungan air menjadi netral..??
    Krna air sumur yg akan sy pergunakan letaknya didalam rumah dan tidak terkena sinar matahari…?

    Terimakasih sebelum dan sesudahnya jawaban mas rozak sangat berarti dan membantu bagi sy yg masih awam ini,,dan sy ucapkan terimakasih..wassalam..

    • 31 Mei 2013 pukul 10:01 pm

      Wa’alikum salam..
      Salam kenal balik mas revan..

      Insya Allah sy bantu untuk menjawab dg keterbatasan kemampuan saya..

      1. Setahu sy tidak berpengaruh thd perkembangan lat, hny warnanya terkadang berubah putih pucat.
      2. Induk gagal mengerami telor biasanya ada beberapa sebab:
      -Induk bertelur tnp melalui proses perkawinan (biasa di sebut telur palsu).
      -Karena adanya parasit/jamur yg diakibatkan kurang trjaganya lingkungan
      -Stres karena kurang nyamannya tmpat untuk mengeram (akibat suhu, kadar oksigen dll)
      3. idealnya pemindahan ke kolam tanah untuk pembesaran memang di usia 2 bulan.
      air keruh tidak terlalu bermasalah, yg penting PHnya normal dan tidak ada kandungan kimia yg berbahaya.
      untuk menambah kekurangan oksigen bisa dibantu dg mesin aerator atau blower.
      4. Kalau kondisi air sumurnya bagus sy kira tdk perlu untuk diendapkan.

      Terima kasih

  103. 252 Louis
    17 Juni 2013 pukul 4:18 pm

    Mas lobster saya bisa memanjat ke selang gelembung udara,lalu hampir saja keluar,bgmana agar hal itu dapat di atasi?

  104. 254 Louis
    18 Juni 2013 pukul 1:16 pm

    Mas,saat berbentuk apakah telur lobster bisa terlepas dari kaki indukannya?,mohon di jawab,thanks

  105. 256 rivan
    19 Juni 2013 pukul 11:42 pm

    mas untuk pembelian ke cirebon berapa + ongkir

  106. 258 Louis
    21 Juni 2013 pukul 5:31 pm

    Apakah telur nantinya dapat terlepas sendirinya?

  107. 262 yadi
    26 Agustus 2013 pukul 9:11 pm

    aku yadi di Kota Bekasi
    aku mau tanya ke masrozak
    1. kalo lobster yg sdah bertelur dan lepas dr induk’a di beri makan apa yg bagus? klo pke cacing dan pelet yg dihancurkan sudah sya coba tpi cepat kotor dan selang 2 hari kemudian mati masal
    2. misal burayak sudah rontok dan menetas dlm akuarium, dalam proses bebesaran nya apa bisa terus di akuarium sampai umur brp? atau hrs di pindahkan ke kolam?
    Salam kenal ya masrozak

    • 26 September 2013 pukul 8:15 pm

      1. untuk lobster yg baru netas bisa diberikan cacing darah/cacing sutra atau pelet dg ukuran kecil (mikro pelet), pemberiannya jgn terlalu berlebih. usahakan tidak mengganti air secara keseluruhan apalagi menggunakan air PDAM karena selain dikhawatirkan mengandung bahan kimia (klorin), lobster yg masih kecil (burayak) sangat sensitif dengan perubahan suhu akibat penggantian air dlm jml banyak.

      2. sebaiknya setelah berukuran sekitar 1 inch dilakukan pengurangan populasi, hal ini supaya meminimalisir tingkat kanibal jg mempercepat pertumbuhan lobster.

      Salam kenal balik mas yadi..

  108. 264 Fawaied kiki
    27 Agustus 2013 pukul 1:19 pm

    halo, saya Kiki domisili Surabaya, mas-mas aq hoby banget dg budidaya hewan2 laut termasuk lobster. nah aq insyaALLAH ada rencana untuk budidaya lobster, tp yg aq mau tanykan lebih baik budidya lobster yg mna ? mksdnya bibitnya atau indukannya ? mohon informasinya ? :)

  109. 266 Slamet
    16 September 2013 pukul 6:52 am

    Saya tinggal di Kuningan, Jawa Barat. Mohon informasi pemesanan indukan lobster (set).
    Slamet 081314714313

    • 26 September 2013 pukul 7:47 pm

      pengiriman lewat ekspedisi herona (via kereta api), diambil di kantor di stasiun2 ditunjuk oleh pihak herona. untuk info lbh lengkap silahkan langsung hub sy di 081515175636.
      Terima kasih

    • 26 September 2013 pukul 7:47 pm

      pengiriman lewat ekspedisi herona (via kereta api), diambil di kantor di stasiun2 ditunjuk oleh pihak herona. untuk info lbh lengkap silahkan langsung hub sy di 081515175636.
      Terima kasih

  110. 24 Oktober 2013 pukul 10:59 am

    gan saya punya anakan 2inci dan disatukan ke aquarium ikan apa tidak apa-apa mas, tolong konfirmasinya mas

  111. 24 Oktober 2013 pukul 3:52 pm

    mas, proses pembesaran LAT di aquarium kira2 berapa lama yah, tolong konfirmasinya masrozak

    • 28 Oktober 2013 pukul 9:09 pm

      kalau di aquarium butuh waktu 7-8 bulan utk mencapai 5in up, tp klo di kolam tanah biasanya cukup 5-6 bulan, tergantung pengelolaan tanah dan pemeliharaan..

      • 31 Oktober 2013 pukul 8:52 pm

        maaf nanya lagi nih, misal kalo saya beli pasir aquarium ”anti bacterial” apa sama seperti kolam tanah atau semen yang hanya 5-6 bulan saja, sebelumnya terimakasih infonya

      • 4 November 2013 pukul 10:07 am

        maksudnya aquariumnya dikasih pasir anti bacterial, hingga dpt mempercepat proses budidaya?
        Pada dasarnya sama saja, artinya jika lobster dipelihara di aquarium atau media buatan yg lain (terpal, semen, fiber) maka memerlukan waktu yg cukup lama utk mencapai ukuran konsumsi. media buatan hny diperlukan utk proses pembenihan (maksimal ukuran 2in) setelah itu diperlukan kolam tanah utk proses pembesaran jika ingin memperoleh hasil yg maksimal dlm wkt yg relatif singkat. Kecuali jika pasarnya utk hias, maka tetap dipelihara di aquarium shg warnanya bs terjaga.
        terima kasih

  112. 27 Oktober 2013 pukul 10:39 pm

    Mas sya bayu dari malang….
    sya mau tnya” sdikit mslah LAT, untuk pembesaran LAT mulai dari bibit yg paling bagus menggunakan ap? Akuarium, kolam semen, kolam terpar atau kolam tanah?
    Kemudian untuk bibit 500 ekor kira” pake akuarium ukuran 200x100x100 cm butuh brpa akuarium?
    sebelumnya trimakasih…, ijin nyimak juga buat yg diatas….sangat bermanfaat….^_^

    • 28 Oktober 2013 pukul 9:16 pm

      Tergantung pemasaran mas, klo utk hias media menggunakan tempat yg bersih spt aquarium, fiber dll. klo utk konsumsi media yg paling bagus menggunakan kolam tanah krn pertumbuhannya relatif lebih cepat.
      utk populasi klo bisa tidak terlalu padat, idealnya permeter persegi diisi sekitar 20-25 ekor dan diberi shelter (tempat persembunyian) yang cukup, hal ini untuk meminimalisir tingkat kematian akibat kanibal..

  113. 278 rifaudin
    8 Desember 2013 pukul 11:11 am

    Info sangat menarik.sy tertarik utk budidaya lobster tsb.Ada cabang di jateng utk pelatihannya?

  114. 280 yudi kusmahendra
    14 Desember 2013 pukul 12:42 am

    Mas saya disidoarjo, cuman sementara lagi di kaltim, kalo saya ingin bisnis LAT menurut mas rozak antara pembibitan dan pembesaran lebih prospek mana mas, dan untuk pemasarannya bagaimana mas.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Januari 2010
S S R K J S M
    Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Jumlah Pengunjung

  • 144,716

Rois petshop dan Agen pahala express wonokromo

081515175636
Buka setiap hari hari mulai pukul 07.30-20.30.
(kecuali hari minggu)

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: