22
Nov
11

Ternak Hamster

Hamster masuk kategori binatang pengerat dan aktif pada malam hari (nocturnal). Ada beberapa jenis hamster yang sudah terkenal di masyarakat, antara lain:

 Syrian
Ada dua tipe umum Syrian yang sering diperjual belikan, Syrian tipe rambut pendek dan Syrian tipe rambut panjang (long hair, terlihat mirip seperti rambut guinea pig). Syrian adalah hamster yang soliter (hidup sendiri), itu pula sebabnya bila anda ingin membeli dan memelihara Syrian tipe ini disarankan untuk membeli satuan atau tidak mencampurkan sepasang hamster tipe ini pada satu kandang (apabila tidak ingin terjadi perkelahian bahkan bisa menyebabkan kematian). Hamster Syrian memiliki ukuran yang paling besar (12-17 cm) namun merupakan hamster yang jinak, mudah dipegang, dan memiliki gerakan lambat sehingga cocok untuk dipelihara anak-anak.

 Campbell
Hamster mini dengan variasi warna paling banyak. Selain itu sifatnya lebih berani (bahkan kadang menggigit bila merasa terancam) daripada hamster Syrian, bisa digabung sepasang (apalagi kalau beli anakan dari kecil). Hamster jenis ini bisa mencapai ukuran 12 cm apabila mencapai usia dewasa.

Winter white (Siberian hamster)

Hamster ini berukuran sedikit lebih kecil daripada Campbell (ukuran dewasa mencapai 7-9 cm), memiliki pembawaan yang lebih tenang sehingga bisa memanjat ke tangan (terkadang ada juga yang penakut). Selain itu kelebihan utama winter white adalah kemampuannya untuk merubah warna bulunya menjadi putih apabila berada di ruangan yang bersuhu dingin.

Roborovski
Hamster yang ditemukan pada saat ekspedisi roborovsky dan koslov pada tahun 1894 ini adalah hamster terkecil (dewasa mencapai ukuran 5 cm) dan teraktif dibanding semua tipe hamster lainnya. Memiliki dua tipe umum yang diperjual belikan, yaitu normal dan muka putih (white face). Karena keaktifannya (bisa terus-terusan bermain) inilah roborovski sangat menarik untuk dilihat tingkah lakunya tapi tidak terlalu disarankan untuk dipelihara oleh anak-anak yang cenderung ingin memegang hamster.

Pemeliharaan kandang dan makanan.

Hamster adalah binatang yang bersih dan tidak terlalu rewel seperti binatang lainnya yang memerlukan perhatian khusus seperti anjing atau kucing misalnya. Untuk kandang yang terpenting tersedia bedding (alas tidur yang bisa berupa serbuk kayu atau pasir zeolit atau kombinasi keduanya), makanan berupa biji-bijian disarankan campuran biji-bijian berupa kuaci + kacang-kacangan + gabah + oatmeal + biji-bijian pakan burung kenari (sudah ada yang dijual campur di petshop), serta air dan permainan berupa kincir atau jungkat-jungkit dan penempatan hendaklah ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Cukup diberi itu maka hamster akan tetap sehat, penggantian bedding dilakukan kalau sudah terlihat kotor atau salah satu sudut kandang sudah basah dan sedikit bau dikarenakan buang air hamster (umumnya  per 3 hari ganti). Pemberian pasir zeolit dikandang (ditabur atau ditaroh dirumah-rumahan) disarankan supaya hamster dapat mandi dan merapihkan bulu-bulunya dari minyak. Pemberian buah, telor rebus, sayur-sayuran, atau vitamin boleh dilakukan juga sebagai selingan (tidak disarankan tiap hari karena beresiko hamster akan terlalu sering buang air dan pup/diare).

Apabila hal tersebut dilakukan, umumnya dalam jangka waktu 3-4 bulan hamster sudah memasuki masa kawin dan bisa melahirkan sampai 8 ekor anak. Inilah sebabnya banyak yang beralih menjadi peternak hamster karena lebih mudah, tidak memakan tempat dan mampu menghasilkan banyak anak dalam waktu relatif singkat.

Bagi anda yang ingin memiliki hamster, kandang dan aneka perlengkapan dengan harga kompetitif bisa menghubungi kami. Melayani pembelian partai dan eceran serta melayani pengiriman di seluruh wilayah indonesia dengan ekspedisi langganan kami. Untuk info lebih lengkap dan tata cara pembelian silahkan kunjungi website kami http://www.roispetshop.com

Sumber artikel : http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2011/09/27/hamster-peliharaan-kecil-dengan-manfaat-besar/

sumber gambar: gordonshumwaydays.wordpress.com

 


5 Responses to “Ternak Hamster”


  1. 31 Desember 2011 pukul 1:42 am

    nice posting bro…
    thaxs udah sharing…:)

  2. 3 Louis
    26 Juni 2013 pukul 4:46 pm

    Mas, kalo gak pake serbuk kayu boleh gak sih?
    Dan apa sih hamster yang cocok di ternak an?

    • 1 Juli 2013 pukul 4:48 pm

      bisa, intinya ada alas yg berfungsi sebagai resapan kotoran hamster. Tp klo untuk yg mau beranak biasanya minta alas yg agak empuk seperti serbuk kayu.
      hamster yang mudah utk diternakkan adalah jenis cambel, tp harganya juga agak murah. kalau yg agak sulit jenis winter dan memang harganya relatif lebih mahal.

  3. 20 November 2013 pukul 1:14 pm

    Informasi Situs web Anda menarik, makasih infonya Gan. kunjungi juga http://varian.student.ipb.ac.id/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


November 2011
S S R K J S M
« Agu   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Jumlah Pengunjung

  • 193,887

Rois petshop dan Agen pahala express wonokromo

081515175636
Buka setiap hari hari mulai pukul 07.30-20.30.
(kecuali hari minggu)

%d blogger menyukai ini: